among us

Wednesday 12 June 2013

Apa yang Dibawa Kalau Bepergian ?

Berikut adalah beberapa benda yang saya anggap penting untuk dibawa bepergian, selain tas dan pakaian dan paspor tentunya menurut saya pastinya. :)
Benda-benda ini mungkin dianggap remeh dan terlupakan, padahal bisa jadi berarti sekali...

1. Deodorant

Hmm...walaupun ceritanya sedang liburan ala backpacker, tetap kebersihan diri mesti dijaga. Bukan apa-apa, gimana coba rasanya papasan sama orang yang baunya aduhai dalam kendaraan yang sempit dan desak-desakan? Nah... maka dari itu, guna menghindari "kutukan" dan "celaan" dari orang lain, mendingan kita yang sadar diri buat jaga wangi tubuh. Terserah deh, mau model deodorant yang gimana, asal praktis dan mampu mengusir bau.

2. Alat Mandi

Sudah pasti, mandi itu harus! Jangan jadi jorok mentang-mentang ceritanya lagi liburan. Buat saya pribadi, cukup bawa shampo yang sachet, karena shampo juga bisa jadi sabun. Tapi, buat yang cewek, mungkin lebih banyak bawaannya, soalnya peralatan mandinya bisa jadi lebih banyak. Satu hal yang disepakati backpacker  : Hindari bawa sabun batangan dan shampo botol. Emangnya lu pikir kita mau mandi di kamar mandi yang mewah, gitu ? Belum lagi benyek kalau kena air...

3. Alat Tulis

Penting buat : Isi dokumen-dokumen imigrasi, mencatat info penting, mencatat jadwal perjalanan, jadi bahan mainan kalau nggak ada kerjaan, digigit sambil melamun (mode galau...), mencongkel sesuatu (daging yang nyelip di gigi, misalnya...#ekstrem ), dll. 
Kegunaan alat tulis sering diabaikan, akibatnya dan contohnya, semestinya bisa mengisi formulir sesuatu yang mestinya cepat, jadi sibuk dan lama karena mesti mencari pulpen kemana-mana. 

4. Charger HP

Gak bisa dipungkiri, anak muda zaman sekarang (Ceile... sok gaya orang tua...) sangat ketergantungan dengan alat-alat elektronik, HP misalnya. Gak megang HP sehari serasa lebih menderita dibanding gak ada duit di dompet. Sayangnya, masih banyak yang kelupaan bawa charger HP nya, padahal dianya mau pergi jauh (emang dikira baterai bisa nge-cas sendiri? atau pake tenaga angin, gitu ? ) dan pada akhirnya, mesti beli charger baru demi menyelematkan nyawa HP nya. Pemborosan dan ironis, saudara-saudara.

5. Adaptor

Adaptor Universal


Masih ada hubungan soal cas-mengecas, terutama buat yang suka ke luar negeri (swasta, maksudnya....:P ). Nggak semua negara pakai colokan listrik yang sama dengan model Indonesia, cuma Belanda dan Jerman yang persis sama tipe colokannya (plug tipe F namanya, atau Schuko ) dengan kita. Yang lain : ada tipe G, L, M, N dan banyak lagi. Dan juga pastikan baca keterangan voltasenya, soalnya belum tentu sama dengan Indonesia (220V, 50 Hz) dan pastikan alat elektronik Anda bisa di-cas dalam rentang voltase tersebut. Asal colok, mending gak masuk arusnya...bisa-bisa meledak lagi...hiii....

6. Sepatu dan Sandal

Ini sebenarnya opsional, kalau kira-kira tempat tujuan kita bakal "berbahaya" dan off road, atau ke tempat yang mesti berpakaian sopan, lebih baik bawa sepatu. Kalau nggak, bawa sandal aja juga gak apa-apa.

7. Kamera

Ini juga opsional, kalau merasa gak perlu foto-foto ya mendingan gak usah bawa. Tapi kalau maniak foto, apalagi langsung aja gaya kalau udah lihat kamera, nah... silakan deh bawa. Pastikan Anda tahu semua fitur di kamera Anda, dan jangan marahin orang yang ambil foto atau yang nggak tau fitur kamera Anda. Ya iyalah...kamera bukan punya gue kok gue yang dimarahi ? Mungkin begitu gumam mereka.

Urutan di atas menunjukkan prioritas barang yang dibawa, buat saya pribadi. Bisa jadi ada yang membawa lebih banyak atau lebih sedikit.Pesan dari saya, pastikan Anda bawa minimal yang no. 1dan 2. Soalnya, dekil dan kumal itu bikin orang punya pandangan sinis ke kita.



3 comments:

  1. hi irdhi

    sabun batangan tu apa ya?hehehe...

    keutamaan saya kamera..hp takde pun tak apa..kalau tak wujud terus pun saya masih mampu teruskan hidup hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... itu sabun yang biasa dijual..yang padat dan bentuk kotak... :D
      saya lebih baik baik alat-alat mandi daripada bawa kamera....:D :D

      Delete
    2. owhhh,kalau di sini sabun seperti itu dipanggil sabun buku hehehe..

      alat mandian pun saya bawa, kamera pun saya bawa..keduanya sama penting tau :D

      Delete