among us

Wednesday 6 February 2013

Buat Paspor Yang Bikin Repot

Gara-gara keseringan baca buku tentang jalan-jalan, maka di suatu hari di bulan November 2011 (lupa tanggalnya.....maklum....) saya pun berniat buat paspor. Masalahnya adalah, tidak ada satupun ahlul bait tempat saya tinggal tau bagaimana prosedurnya, apa saja persyaratannya dan kemana harus daftar. Ditambah lagi, cerita horor (dramatisasi.......hohoho......) soal calo-calo di Imigrasi yang suka mark up harga resmi pembuatan paspor. Jadi makin bingung......

Untunglah, sebagai anak yang lahir di era informasi, nggak susah buat cari klarifikasi info beginian. Dengan bantuan Google tercinta, saya cari tata cara buat paspor. Saya memang niat mau buat paspor pakai jalur resmi. Keluar masuk blog orang yang pernah buat paspor,  dan lain-lainnya, akhirnya titik terang ketemu juga. Pembuatan paspor sekarang bisa pake online dan dengan biaya Rp225.000! Jauh lebih murah yang kalau pakai calo, yang konon bisa 2-3 kali lipatnya.



Singkat cerita, saya unggah semua dokumen yang diperlukan ke situs Ditjen Imigrasi dan kemudian dapat secarik surat, seperti resi/kupon yang menerangkan jadwal ke kantor Imigrasi berikutnya. Besoknya, saya bawa dokumen yang saya unggah tadi dalam bentuk copy (aneh juga sih...masa' udah unggah dokumen, mesti bawa hard copy nya juga buat urus kemudian.....maksudnya apa coba???), pagi-pagi dari Bekasi ke kantor Imigrasi Jakarta Timur (berhubung gak ada kantor Imigrasi di Bekasi.......) hanya untuk memastikan saya dapet nomor antrean, soalnya cuma dibatasi 200 orang tiap hari (aneh yang kedua.....kenapa harus dibatasi, coba.....bank aja gak ada pembatasan begitu....). 

Tibalah saya di kantor Imigrasi Jakarta Timur di pagi yang cerah bergelora, setelah nanya kesana-sini dan nyasar entah kemana (#Ayu Ting-Ting mode.......) dan baru tau, kalau kantornya sebelahan sama LP Cipinang (hmm...apa biar tahanan yang di sana bisa buat paspor buat lari ke luar negeri? ) dan kurang lebih hanya 1 km dari Stasiun Jatinegara (tau gitu, saya naik kereta aja dari Bekasi....-__- ). Begitu masuk gerbang, saya udah siap mental untuk berkata "Tidak!" pada calo-calo yang mungkin nawarin saya buat paspor (lagipula, uang yang saya bawa gak banyak....hehe....). Dan ternyata.....jreengg...nggak ada calo yang terang-terangan nawarin saya buat paspor, dan sepertinya memang gak ada calo.

Masuk ke kantornya, ternyata harus ambil map yang disediakan oleh pihak Imigrasi (aneh nomor tiga.....buat apa pake map dari sana ? map dari luar belum lulus uji ya? ) yang di depan kounternya ada tulisan "GRATIS"...eh, taunya bayar Rp5.000 (-___-......you know what i mean, eh ? ). Ambil map (tepatnya, beli map) dan langsung naik ke lantai 2 buat pengurusan paspor. Di aula utama, ternyata ramai sekali saudara-saudara! Asli, ternyata banyak juga yang ngurus paspor, jadi heran dan merasa kontras sama kehidupan pinggir rel yang terpampang di depan kantor Imigrasi. Kemudian, saya tanya-tanya sama petugas  satpam di sana soal pendaftaran paspor yang online....eh, si bapak nggak tau....saya lihat sekeliling aula, ada 1 loket khusus yang melayani pendaftaran online. Yes, nggak ada antrian dan satu-satunya loket yang kosong. Tanya ke petugas loket, ternyata jawabannya, " Oh iya mas, langsung aja serahkan dokumennya mas di sini, gak usah ambil nomor antrean. " "Terus, gimana pak?" tanya saya, dan dijawab singkat "Sudah selesai mas, nanti tiga hari lagi datang buat foto dan sidik jari" . -__-" (Aneh nomor empat, kenapa gak langsung aja diproses? berkas kan udah lengkap? )

Tiga hari kemudian, saya datang lagi pagi-pagi....takutnya nggak dapat nomor antrean. Ambil nomor antrean, nunggu antrean mulai dari semangat, ngantuk, lapar, sempat makan siang, sempat shalat, sempat jalan-jalan keliling kantor Imigrasi, main hape, dan ngeliatin orang-orang yang ngurus paspor, bincang-bincang kepada sesama pembuat paspor sampai akhirnya saya dipanggil........jam 13.30....hadeuh. Bayar biaya paspor, terus slipnya dibawa ke bagian foto dan sidik jari buat ambil foto dan sidik jari. Dan setelah ambil foto dan sidik jari, dengan hormat di suruh pulang dan datang 2 hari kemudian. Krik....-__-"" (Aneh nomor lima, kenapa gak langsung aja tahap wawancara, soalnya meja wawancara dan tempat foto ada di satu ruangan....)

Dua hari kemudian, rutinitasnya sama : Ambil nomor antrean, nunggu antrean mulai dari semangat, ngantuk, lapar, sempat makan siang, sempat shalat, sempat jalan-jalan keliling kantor Imigrasi, main hape, dan ngeliatin orang-orang yang ngurus paspor, bincang-bincang kepada sesama pembuat paspor dan kali ini saya baru dipanggil pukul.......15.30.....haadeeuuuhhh. Setengah jam lagi mau tutup kantor. Masuk ke ruangan tempat foto yang seberangnya ada meja-meja untuk wawancara dengan wajah yang udah nggak karuan. Wawancaranya juga ringan banget, nggak kayak wawancara kerja. "Wah, dik, mau ke mana buat paspor?" saya jawab, " Liburan pak, mana tau mau ke Singapura atau Malaysia (mau bilang ke Alaska atau Kutub Selatan, ntar malah ditolak......)." Basa-basi 5 menit, terus si bapak kasi persetujuan deh. Tanda tangan paspor, dan....jreenngg....horee....paspor saya jadi!

Secara umumnya sih, pelayanan di sana bagus. Tapi, lama antrenya yang gak tahan....maka, di papan penunjuk kepuasan pelanggan yang ada, saya kasi poin 80, atas pertimbangan tidak calo, tepat waktu (walaupun lama), gak ada suap atau pelicin, dan poin negatifnya, lama.....Jadi, kalau mau buat paspor sesuai prosedur, memang cuma Rp225.000, tapi perjalanannya, lama....atau mau pake calo yang cepat tapi duit habis banyak? Pilihan ada di tangan Anda......


4 comments:

  1. bener2, lama n bolak baliknya yg ga tahan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya....kalau mau cepet, bisa sih lewat calo...tapi siapin duitnya juga...:)

      Delete
  2. Lebih bagus begini daripada banyak calo. Semoga semua tempat tak ada calo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...semoga di seluruh kantor imigrasi gak ada calonya....

      Delete