among us

Tuesday 12 February 2013

Serba - Serbi Maskapai Penerbangan

Catatan : Ini cuma pandangan subyektif dan pribadi penulis, bukan sebagai acuan secara umum.


Penerbangan adalah salah satu transportasi yang penting belakangan. Bayangkan, sejak pagi buta sampai larut malam, bandara selalu penuh penumpang dan penerbangan ke berbagai tujuan mulai dari penerbangan domestik hingga internasional. Nah, kali ini saya coba bahas beberapa perusahaan penerbangan yang pernah saya naiki yang semuanya budget airlines (soalnya, cuma itu yang mampu.....)

1. AirAsia


Dulu, pertama kali pesawat yang saya naiki adalah pesawat dari maskapai ini. Sudah jelas, maskapai ini yang paling sering gelar promo secara terang-terangan ke berbagai tujuan. Sisi baiknya adalah, dengan tiket murah dan terjangkau, semua orang bisa naik pesawat dan pergi kemana-mana. Sisi negatifnya, karena nomor kursi, bagasi dan makanan semuanya harus pesan, jika kita ikut paket yang umum (bagasi 20kg, misalnya) malah jadinya sama aja tarifnya sama penerbangan lain. Belum lagi kalau misalnya gak pesan nomor tempat duduk, begitu pintu kapal terbang dibuka...1....2.....3.....dan....bruakkk, langsung deh menyebar semua orang nyari tempat duduk dan rebut-rebutan bagasi. Nah, buat yang cuma bawa ransel dan nggak mau ribet plus mau yang murah, penerbangan ini cocok.

2. Citilink


Anak perusahaan Garuda Indonesia ini dulu saya ketahui dari tante yang pulang kampung pakai penerbangan ini. Nah....dengan harga tiket yang kompetitif plus pesawat yang saya naiki sejauh ini yang paling nyaman dan lapang buat budget airlines, penerbangan ini cocok buat yang bawa keluarga. Load factor pesawat ini juga sejauh yang saya naiki, selalunya sekitar 60-100%, entah karena orang belum tau atau memang kurang promosi. Pramugari dan pramugaranya juga punya seragam yang beda, kelihatan lebih muda dan dinamis...(terutama pramugarinya....hehehe......) dengan setelan baju kaos dan celana training. Kekurangannya, rutenya masih terbatas, jadi mesti cek dulu kalau mau berangkat apakah tujuan kita termasuk dalam rute maskapai ini.

3. Lion Air

Well....inilah penerbangan yang paling banyak jadwal terbangnya dari kota halaman (bukan kampung halaman) saya ke Jakarta. Mulai dari jam 5 pagi sampe menjelang tengah malam, kurang lebih ada 20 kali lebih perjalanan Medan-Jakarta dilayani penerbangan ini. Pokoknya, pesawat sejuta ummat deh......saya udah pernah duduk di berbagai posisi di penerbangan ini : dekat kamar mandi yang kursinya tegak lurus, dekat sayap dan mesin turbo yang bikin telinga dengung, dan di depan dekat kelas bisnis nya (yang bikin iri liat orang di kelas bisnis....). Maskapai ini dengan anak usahanya, Wings Air memang banyak banget pilihan rutenya, mulai dari yang rute domestik sampai ke bandara perintis, sampe ke luar negeri. Sayangnya, (atau mungkin untungnya ya...buat si maskapai.....) pesawatnya selalu penuh dan load factor selalu di atas 90%. Dengan kondisi begitu, plus budaya masyarakat kita yang suka bawa oleh-oleh gak kira-kira masuk ke bagasi, malah jadi rame deh satu kabin dan buat kurang nyaman (malahan, rasanya AC-nya kurang kerasa kalau lagi kondisi begitu.....). Kalau yang pengen menjelajah Indonesia plus harga yang terjangkau, naik penerbangan ini sepertinya cocok.

4. Sriwijaya Air

Kalau yang ini, jujur saya gak bisa komentar banyak soalnya baru beberapa kali naik. Hal yang paling saya ingat, dibanding budget airlines lain, hanya maskapai ini yang ngasih snack ke penumpangnya. Walaupun cuma roti dan air mineral 200 ml, tapi itu saya anggap bagus sekali dan lumayan untuk mengganjal perut....hehehe.....


Sebenarnya, ada beberapa budget airlines lain, misalnya Mandala-Tiger Airways, Cebu Pacific, dll yang kebanyakan rutenya internasional. Tapi berhubung belum pernah naik, belum bisa kasi pendapat. Kembali ke pembaca : Apakah maskapai yang akan Anda pilih? Silakan sesuaikan dengan anggaran, psikologis dan kondisi kebatinan Anda....:)

3 comments:

  1. Budget airlines maksudnya apa ya? Apakah yg di maksud adalah maskapai low cost carrier? Kalo emang gitu, rasanya lion air gak termasuk deh...

    untuk AC yg gak terlalu dingin, rasanya cuma berlaku untuk pesawat wings air yang baling-baling. Kemarin habis coba yang boing 737-800 (ada embel2 new edition ato apaa gitu), kedinginan banget. Hehehe...

    Anyway,. Sekarang citilink kan sudah berubah image. Jadi sekarang kesannya uda resmi, gak sporty macam dulu (pernah juga sih naik citilink yg dulu, dan emang asik. hehe..)

    Saya yg belum pernah naik Air Asia,. Ntah kenapa rute, harga, dan waktu gak pernah cocok :|

    Nice share, anyway. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
  2. oia,. tanya lagi. load factor artinya apa ya?? Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoho....saya baru tau kalau citilink udah formal...sedih atau senang ya ??
      kalau menurut saya, karena Lion Air belum menyediakan full service, masih tergolong budget airlines aka LCC...kecuali kelas ekonominya udah diservis kayak garuda, baru deh...Lion Air bukan LCC lagi...

      Load factor = persentase keterisian penumpang terhadap kapasitas....

      salam kenal kembali...:)

      Delete