among us

Sunday 29 December 2013

Sunflower Fields, Lop Buri, Thailand - Part 1

Tak disangka, perjalanan ke Thailand kali ini memiliki banyak rasa. Salah satunya adalah dengan mengunjungi perkebunan bunga matahari di Lop Buri, Thailand. Setau saya, ladang bunga matahari adanya di Ukraina yang paling banyak, eh gak taunya di Thailand juga ada. Sejauh mata memandang yang tampak hanya bunga matahari yang sedang bermekaran dengan indah, seperti di negeri dongeng !


Perjalanan dimulai dari Bangkok pagi-pagi buta. Naik kereta api tut..tut..tut....dari stasiun Hua Lamphong ke Lop Buri yang memakan waktu 4 jam, berangkat pukul 04.50. Perjalanan sebenarnya bisa lebih cepat, tapi maklum aja jadi lama soalnya kita naik kereta api kelas 3 yang cuma bayar 28 baht. Kereta api juga berhenti di setiap stasiun dan menjelang pagi mulailah banyak umat manusia yang naik, terutama para pelajar.

Singkat cerita, setelah perjalanan 4 jam , tidur di kereta api , dan kedinginan (soalnya suhu di Thailand saat itu 'hanya' 15 derajat ! orang lokal aja pakai jaket, saya malah gak bawa karena kepikir bakal berat-beratin....:(   ) sampai rombongan kita di Lop Buri Station. Kabar baiknya, kita boleh titip tas di stasiun dengan bayar 10 baht untuk 1 hari, dan setelah itu saya segera ke 7-11 buat nyari sarapan, soalnya lapar banget! Hehe....

Perjalanan pun diwarnai aksi yang mengagumkan : karena keterbatasan bahasa, ketua kelompok kita, sis Zilla dengan keadaan putus asa akhirnya bertanya dengan bahasa Melayu pada orang lokal ! sungguh interaksi yang membingungkan dan momen yang lucu, seperti kita ada di planet lain.....akhirnya, kita naik bus dari stasiun dengan bayar 8 baht, turun di terminal Lop Buri dan naik lagi bus. Kita cuma nunjukin gambar Sunflower Fields ke kondektur (entah kenapa, semua kondektur di Thailand adalah perempuan....mungkin biar penumpangnya nayaman? ) dan kondektur mengangguk. 

Dalam bis, niatnya kita sih pengen rehat. Eh...ada ibu-ibu yang berusaha ngobrol sama kita... udah saya jawab dengan, " Sorry, I don't speak Thai" si ibu masih aja ngotot pengen ngobrol. Akhirnya ya saya cuma liat depan aja dan membiarkan si ibu ngomong sendiri. Terserah deh, mau ngomong apa...udah dibilang gak bisa ngomong bahasa Thai masih juga maksa pakai bahasa Thai...:p

Setelah perjalanan kurang lebih 1 jam...ternyata kita cuma turun di persimpangan menuju ladang bunga mataharinya. Memang, sejak di perjalanan kita sudah melihat ladang bunga matahari yang menguning dan sudah mulai takjub. Tapi, memang ada satu kawasan khusus untuk turis. Persimpangan ini adalah pintu masuk ke Sunflower Fields yang jaraknya....6 km lagi ! supir tuk-tuk mulai gencar menawarkan aksi mereka, toh nggak kami gubris karena yakin mau jalan kaki (walaupun sebenarnya agak pesimis juga...hehe...) hingga akhirnya, ada seorang perempuan memanggil kami menanyakan mau kemana, dan dengan baik hati mau mengantar kami karena dia juga mau ke Sunflower Fields...Yeaay....!(bersambung)

1 comment: