among us

Tuesday 3 January 2012

Efek Kupu-kupu

Pernah dengar efek kupu-kupu? Kalok dalam Bahasa Inggrisnya butterfly effect yang maksudnya adalah sesuatu kejadian kecil di suatu tempat atau waktu bisa menimbulkan efek yang besar di tempat atau waktu lain. Kalok pernah nonton film soal perjalanan waktu, sama misalnya merubah kejadian di masa lalu berakibat sampek ke masa depan.


Teorinya sebenarnya sederhana ( sama kayak sesederhana rumus relativitas khususnya Atok Einstein... ) tapi aplikasinya yang luas. Di sini awak bukan mau bahas dari sudut pandang sains tapi lebih ke kehidupan sehari-hari.


Dengan adanya teori ini mestinya kita lebih hati-hati bertindak. Kenapa? Karena perbuatan kecil kita bisa punya efek besar. Gara-gara buang plastik sembarangan, bisa jadi banjir satu kota. Gara-gara nyuri barang tak seberapa bisa dihukum berat. Gara-gara malas di waktu muda, jadi bangkrut di waktu tua.


Kita memang selalu meremehkan hal kecil. Padahal gak ada orang yang jatuh kesandung gunung. Yang ada jatuh karena kerikil. Jadi teringat awak sama janji Allah yang akan membalas perbuatan baik manusia dengan berkali lipat. Ternyata jadi lebih masuk akal dengan teori ini. Subhanallah.


Jadi berhati-hatilah dalam bersikap. Semua ada efeknya, besar lagi.


Published with Blogger-droid v2.0.2

No comments:

Post a Comment