among us

Tuesday, 10 January 2012

Ikhlas

Assalamu'alaikum semua...

Setelah beberapa hari gak posting karena sakit dan sibuk, kali ni awak bisa posting lagi. Syukur, alhamdulillah awak masih dikasi sakit jadi bisa mengingat Allah lebih banyak.


Judul kali ini, mudah diucap tapi berat dalam eksekusinya. Itulah ilmu yang paling sulit dipahami dan diamalkan, tapi bukan berarti tak bisa. Mengingat, ikhlas ini baru bisa dicapai kalok kita sudah bisa menerima dua sisi mata uang perbuatan, yaitu sabar dan syukur.


Ikhlas mirip tawakkal tapi ikhlas lebih menyeluruh pelaksanaannya. Indikatornya terlihat dari lapangnya hati menerima keadaan. Tapi bukan hanya menerima, diikuti dengan do'a yang tulus dan tindakan yang optimal supaya lebih baik. Ingat, wilayah manusia hanya berusaha, wilayah hasil adalah wewenang Allah.


Jika kita minta kesabaran, maka bukti dari doa kita terkabul adalah dengan turunnya masalah atau musibah supaya kita sabar. Jika kita minta keimanan yang kuat, bukti dikabulkan adalah dari cobaan dan cerca jika kita menyeru kepada Allah. Ikhlas mewadahi semua itu supaya kita berbaik sangka.


Seperti yang dibilang tadi, memang susah dibuat. Tapi mari kita sama-sama mencoba supaya bisa ikhlas. Aamiin.


Published with Blogger-droid v2.0.2

1 comment:

  1. wah postingan yang menarik...
    oya gan kalo boleh saya mau tukeran link..ini link saya
    http://blog.umy.ac.id/ghea
    kalo sudah terpasang kabarin yh gan..makasih.. :D

    ReplyDelete