among us

Saturday 18 May 2013

Kelaparan di Singapura

Seharusnya, orang yang ke Singapura bisa senang jalan-jalan. Tapi, hal yang ini agak terganggu gara-gara soal makanan. Apalagi yang saya takutkan selain ke-halal-an makanan yang ada di Singapura (secara, Muslim di sana kan minoritas...) dan oleh karena itu, alasan lain saya sarapan di Malaysia sebelum berangkat ke Singapura karena faktor biaya, faktor halal tadi yang jadi pertimbangan.

Begitu menjejak sampai di Singapura pukul 9.30, 2 jam kemudian padahal jam masih menunjukkan pukul 11.00 waktu Singapura dan saya sudah kelaparan, padahal itu masih jam 10.00 WIB, masih jauh dari jam makan siang. Waktu itu, saya sudah jauh dari Bugis Street yang menjual makanan dan minuman murah dan bingung mau cari makanan di mana. Akhirnya, pengen balik ke Bugis Street tapi malah nyasar di sekitar area Orchard Rd dan Bras Basah Rd. Ckckck...



Dalam hati, sembari berpikir di mana cari tempat makan saya berusaha menenangkan diri. Cari masjid terdekat supaya bisa tiduran sejenak adalah triknya. Eh....taunya saya kesulitan mencari masjid di sekitar area tersebut. Ketemu papan tanda masjid di Bencoolen Rd (baca : Jalan Bengkulu) ternyata di Bencoolen Rd nya sedang dalam perbaikan untuk buat MRT baru. Setelah mencari dengan hati-hati dan saksama, akhirnya masjid ketemu di.....dalam sebuah gedung dan tersembunyi....Yaelah, pantesan dari tadi muter-muter gak ketemu -_-".

Sekalian tiduran dan nge-cas HP sejenak (lumayan..hehe...) saya baca-baca buku panduan untuk cari makanan yang halal dan murah di sekitar Orchard Rd. Akhirnya, setelah membaca beberapa saat, saya putuskan untuk cari makanan di Plaza Singapura yang menurut buku ada gerai makanan Indonesia di foodcourtnya. Setelah shalat Dzuhur (yang azannya ternyata gak keluar gedung, tapi cuma di dalam doang...) saya pun membulatkan tekad, dengan semangat segera menuju ke Plaza Singapura untuk cari makan ! Yeahh!

Dengan sisa tenaga yang ada, saya pun berjalan keluar masjid, menyusuri Bras Basah Rd ke Orchard Rd. Eh, gak taunya ada yang nanya sama saya waktu mau nyeberang :

"Excuse me, do you know where is Orchard Rd?" tanya seorang mbak.

"Over there..." jawab saya sambil menunjuk papan jalan Orchard Rd yang di depan kita.

"No, I mean, do you know where is Takashimaya?" bales si mbak.

Dalam hati, " Yaelah....ni orang sebenarnya mau nanya apaan sih? muter-muter gitu, kenapa gak dari tadi nanya langsung aja Takashimaya di mana....ckckck..." dan saya jawab dengan nada datar (padahal biasanya saya ramah, lho...hehe...) dan ekspresi datar juga, "Sorry, I don't know about Takashimaya" 

"Oh, sorry, thank you.." kata si mbak.
  
Ternyata, percakapan tadi tepat berakhir saat lampu pejalan berjalan menyala. Setelah berjalan beberapa saat, baru saya mikir, "Wah...kejam juga tadi ya, masa' jawabnya ketus gitu...tapi biarin deh, lagi lapar juga nanya berbelit-belit gitu..", pembelaan diri saya.

Sampai di Plaza Singapura, langsung menuju ke foodcourtnya di lantai paling atas. Banyak sih, gerai makanan, tapi rata-rata masakan China dengan huruf Mandarin pula. Yah...daripada berspekulasi mendingan gak usah beli deh, batin saya. Akhirnya ketemu gerai masakan Indonesia di sudut foodcourt, dan saya pesan nasi dengan ayam bakar seharga SGD 5,80, padahal di buku yang saya baca, harganya masih SGD 4.....:(
Dikasih piring dengan nasi, eh taunya ayamnya yang datang besar lagi gede banget! 3/4 piring besarnya, dan gak tau juga itu ayam apa...ayam kalkun mungkin. Saya aja makan sampai hampir muntah kekenyangan gara-gara ukuran ayamnya yang jumbo!

Pada akhirnya, selamatlah saya dari kelaparan di Singapura. Singkat cerita, untuk makan malam saya terpaksa harus beli KitKat kecil dan air isotonik 100 Plus (merk ini mudah dijumpai di Malaysia dan Singapura) dengan harga masing-masing SGD 1,10 dan SGD 1,80...ckck....dan makanan itulah yang jadi pengganjal perut sampai saya menyeberang kembali ke Johor, Malaysia dan seterusnya sampai di Terminal Bersepadu Selatan, KL keesokan harinya. Hadeuhh...nasib wisatawan kere....


3 comments:

  1. Itu cewe ga diajak kenalan sekalian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha...kagak..:(
      udah kelaperan, nggak mikir gitu...mikirnya di mana tempat makan...:D

      Delete
  2. wah nice info
    halal murah, klop tenan
    thanks sob infonya...

    ReplyDelete