among us

Monday, 7 October 2013

Berbagai Makanan di Trip PEN-HDY

Wisata kuliner kali ini boleh dibilang yang paling sukses selama saya jalan-jalan ke luar negeri. Saya sempat berbagai variasi makanan yang ada, baik di Penang maupun di Hadyai. Nah, ini beberapa makanan yang kemarin saya sempat coba.

1. Tom Yam



Sebenarnya nggak spesial ya...soalnya di Indonesia juga banyak. Nah....mumpung saya kemarin ke tempat asalnya tom yam, gak ada salahnya pengen nyoba tom yam di kampungnya sendiri. Saya sendiri sempat coba dua versi tom yam, tom yam udang dan tom yam daging, yang harganya sekitar 70 baht (Mahal coy....-_-"). Penilaian saya : Mungkin karena saya makan di restoran, rasanya ada "yang kurang" dari tom yam nya. Yang terasa cuma asem doang, dan kurang pedas. Yang saya apresiasi : baik udang dan daging yang dihidangkan ternyata banyak...hehehe...

2. Pulut Mangga



Alias ketan mangga, yaitu ketan yang dimakan bersama dengan potongan mangga dengan vla (terserah deh, namanya mau saus atau kuah juga boleh...) yang kayaknya larutan santan+vanili. Harganya 50 baht, dijual di dekat Lee Gardens Plaza, Hadyai. Saya pikir awalnya, mahal juga sih harga camilan sampai 50 baht. Ternyata, porsinya lumayan banyak juga sampai-sampai makan malam cuma pakai pulut mangga ini doang (dan penghematan pastinya....:) ). Sejauh ini, camilan ini yang buat saya pengen nanti coba lagi kalau ke Thailand.

3. Aneka Jajanan dan Minuman di Klong Hae Floating Market



Karena kebetulan sampai di Hadyai hari Minggu, sorenya pas sekali kalau jalan-jalan ke pasar terapung ini. berbagai variasi makanan dijual mulai dari 15 baht sampai 25 baht, dan mengenyangkan juga walaupun tarafnya "camilan". Yang saya beli waktu itu adalah pepes otak-otak yang seharga 20 baht, sate sosis gambar Angrybird dan Doraemon seharga 10 baht (kreatif nih, yang jualan...) dan minuman yang gelasnya dari tanah liat dan boleh dibawa pulang (yang sampai rumah berubah fungsi jadi celengan, gara-gara ada yang retak....huuff...) seharga 20-25 baht. Total makan dan minum ini itu habis 75 baht, dan sebenarnya banyak lagi yang mau dibeli. Karena kenyang, akhirnya cuma liat-liat...

4. Pasembur



Atau Pasemboq mengikut dialek di Penang. Yang ke Penang (dan Malaysia) mungkin tau makanan ini. Gorengan yang dicampur dengan tauge dan sayur-sayur lalu dilumuri saus kacang. Sekilas sih, mirip siomay. Waktu saya beli, ada dua pilihan : All in one atau pilih sendiri-sendiri gorengannya. Saya jelas pilih yang All in one, seharga RM5 daripada beli gorengan sendiri-sendiri yang berharga RM1-RM2 per gorengan. Dan....lagi-lagi porsinya luar biasa banyaknya, sampai saya bungkus dan makan sewaktu pulang ke Medan....penghematan juga....:)

5. Laksa



Konon, laksa penang terkenal yang paling enak dari laksa lain  se Malaysia. Harganya RM3,50 dan porsinya gak besar tapi mengenyangkan juga. Inilah alasan kenapa saya minta Pasemburnya dibungkus, soalnya udah kenyang makan laksa...:) . Buat saya, rasanya laksanya mirip tom yam, tapi hmm...ya beda gitu...nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata deh...#halah.....

Pasembur dan laksa saya beli di Gurney Drive, tempat makan yang terkenal di Penang. Sedangkan sewaktu di Thailand, saya sebenarnya pengen beli durian yang besarnya menggugah selera yang dijual dalam sterofoam mulai dari 50 baht sampai 100 baht. Pokoknya, banyak makanan yang mau dibeli di Thailand kemarin, sayangnya keterbatasan waktu, ruang perut dan juga uang jadi penghalang.


Nah...demikianlah gambar durian yang pengen saya beli kemarin, tapi nggak jadi. Maunya, jalan-jalan berikutnya beli durian yang kayak gitu. Selamat berwisata kuliner....:)

6 comments:

  1. Replies
    1. let's go ke Penang dan Thailand...:)

      Delete
  2. dari semua list makanan diatas gw blm pernah nyobain pasembur :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalau ke Penang, agan boleh coba....:)

      Delete
  3. Kayaknya lazis-lazis semua itu makananannya

    ReplyDelete