among us

Tuesday 21 January 2014

Death Railway dan Kwai River Bridge

Nah...baru deh kita bisa cerita selanjutnya soal dua tempat ini...yang ketinggalan cerita, sebaiknya baca dulu artikel yang ini dan ini .

Replika jembatan di Hellfire Pass Museum

Jembatan asli dari kayu di depan Krasae cave

OK, perjalanan dimulai dari Erawan Waterfalls oleh tour kita, kurang lebih sekitar 1 jam. Di mobil, kita mulai cerita sampai ada yang tidur beneran dan ketiduran, dan akhirnya sampailah kita di suatu bukit tempat Death Railway. Death Railway ini sebenarnya adalah laluan rel kereta api yang sebelumnya dibangun oleh para tahanan dan romusha, masih dipakai oleh SRT (State Railway of Thailand) tapi hanya sampai Nam Tok. Ada beberapa jembatan yang dilalui jalur ini, tapi yang terkenal adalah jembatan kayu di depan Krasae Cave dan juga jembatan besi di atas sungai Kwai yang disebut "Kwai River Bridge."

Gua Krasae

Rel ini , yang merupakan sisa dari rute Hellfire Pass sebelumnya berasal dari besi rel yang didatangkan dari Malaya dan Jawa. Jepang mengangkut rel-rel ini setelah Malaya dan Hindia Timur Belanda jatuh ke tangan Jepang, karena di kedua tempat ini relatif sudah tersedia infrastruktur kereta api saat itu. Tak jauh dari stasiun di sini, kita akan melihat jembatan kayu yang original berasal dari zaman PD II dan di depannya ada gua Krasae. Kata pemandu, di gua ini lah mayat-mayat para tahanan dan romusha dibuang jika gugur. Tak ada upacara yang formal, bahkan sampai-sampai ada patung Budha besar dalam gua untuk mentralisir kekuatan jahat dari arwah penasaran., kata pemandu kita.

Stasiun tunggu buat naik kereta api

Kita dijadwalkan naik kereta api jam 16.00 yang ternyata datang pukul....16.15....Biasa, di Thailand, jadwal kereta api tepat waktu dari stasiun asal, tapi di stasiun berikutnya sampai ke tujuan biasanya telat (mirip di Indonesia juga sih...). Dari dalam kereta api, kita bisa foto-foto pemandangan cantik saat melewati jembatan kayu tadi hingga beberapa ratus meter ke depan. Sisanya, yang kelihatan cuma kebun ubi kayu yang familiar sekali buat orang Indonesia. Kecuali si Pete, teman kita satu tour dari NZ yang baru pertama kali lihat tanaman ubi kayu alias singkong....

Lokomotif kereta api

Sebenarnya, kita salah gerbong juga. Sudah dikasi tau naik gerbong belakang karena gerbong depan sudah penuh anak sekolah, entah bagaimana kita malah naik gerbong depan. Jelas, terjadi kegaduhan apalagi Pete yang bule jadi seperti artis diantara anak-anak sekolah. Kegaduhan terus terjadi sampai kita turun di stasiun entah apa namanya, sekitar 30 menit dari tempat kita naik.Pas turun, ternyata si anak-anak sekolah pada melambai ke kita, terutama ke Pete...yaelah, katrok emang ada dimana-mana...ckck...Dari sini kita lanjut naik van travel ke Kwai River Bridge.

Turis di Kwai River Bridge

Sunset at Kwai River Bridge

Saat di tanya kenapa kita nggak terus aja naik kereta api sampai Kwai River Bridge, Niu, pemandu kita bilang, " It will take 2 hours to arrive in Kwai River Bridge." Oalah...lama bener....padahal naik van cuma 1 jam , emang kenapa ya ? (dan hal ini terjawab saat saya naik kereta api dari Bangkok ke Aranyaprathet dekat perbatasan Kamboja). Ya sudah, sampai di Kwai River Bridge, turis tetap aja banyak. Kita dikasi waktu sampai matahari terbenam sebelum balik ke Guesthouse. Jalan dari ujung ke ujung jembatan, jepret-jepret foto, terus pulang. Kita akhirnya pisah dengan Pete yang katanya ada janji sama pejalan dari NZ buat makan malam, sementara kita bersih-bersih sebelum cari makan di pasar malam...:)