among us

Thursday, 30 January 2014

Thailand : Land of Smiles , Land of 7-Eleven

Bukan maksudnya promosi, tapi entah kenapa saya selalu senang kalau lihat di suatu tempat di Thailand ada 7-Eleven nya. Rasanya saya jadi tau kemana kalau mau melarikan diri kalau kelaparan dan 7-Eleven bagaikan oase di tengah gurun (halah...). Banyak perbedaan dengan mini market lokal Indonesia seperti Alfamart dan Indomaret, yang dalam penilaian subjektif saya 7-11 di Thailand ini lebih bagus. Dan ternyata, usut punya usut, Thailand adalah negara dengan populasi 7-11 terbanyak se-Asia Tenggara! Ckck...

source : Google


Bagaimana asal muasalnya saya jatuh cinta dengan 7-11 ini? Sebenarnya dulu waktu di Hat Yai, saya malah cuma 1 kali masuk ke 7-11 karena makanan halal masih banyak plus saya lebih banyak makan di pinggir jalan yang murah. Nah, waktu saya keliling Thailand 5 hari lebih barulah terasa manfaat dan pentingnya 7-11 ini. 7-11 menyediakan nasi yang merupakan makanan pokok utama bangsa kita, saudara-saudara! Kalau di Malaysia , 7-11 biasanya jual nasi lemak dan nasi goreng maka di Thailand pilihannya beragam dan bervariasi, mulai dari daging halal sampai haram, mulai dari makanan biasa aja sampai makanan khas negara-negara lain. Saya sendiri untuk amannya beli nasi+udang atau beli nasi putih aja, gak berani beli yang aneh-aneh. Biasanya, yang ada babinya akan dipajang gambar babi di kemasannya.

Nasi putih berharga 16 baht, dan kalau ada lauknya bervariasi mulai 25 baht sampai 45 baht. Tergolong mahal kalau dibandingkan di Malaysia, tapi ya sudah. Selain itu, kita bisa minta nasi yang dibeli untuk dipanaskan karena nasinya dipajang dalam kulkas. Dan tentu saja, tidak ada biaya tambahan buat memanaskan makanan (kalau ada, keterlaluan...-_-'). Hebatnya lagi, 7-11 ini tersebar di seantero Thailand, bahkan sampai ke Kanchanaburi yang dekat Myanmar sampai saya ke Aranyaprathet yang dekat Kamboja, bahkan di dekat perbatasan Thailand-Malaysia di Sadao langsung disambut beberapa toko 7-11 !

Apa lagi yang buat saya senang ke 7-11? Tentu saja saya yang kelaparan selalu cari camilan yang halal. Maka, setau saya yang jual camilan halal adalah 7-11 karena beberapa produk didatangkan dari Malaysia dan Indonesia. Maka, saya dan teman yang traveling sama-sama selalu 'berburu" logo halal di makanan yang dijual di 7-11. Terserah mau halal MUI-Indonesia, atau JAIS-Malaysia atau Thailand, maka akan segera dibeli. Satu-satunya yang tidak kita cari halal nya waktu beli air mineral. Air mineral 1,5 liter harganya 13 baht. 

Sama seperti minimarket lokal, 7-11 juga menjual produk dan jasa lain seperti majalah, pembelian pulsa dan lain-lain. Dan seperti biasa juga, biasanya kasir akan menawarkan promo produk tertentu yang dalam bahasa Thai...-_-'. Saya cuma bisa bilang "I don't speak Thai" aja kalau si kasir mulai nyerocos ngomong, entah ngasi pemberitahuan atau nanya sesuatu. Tapi, dibalik itu semua, setelah jauh berjalan dan capek, menemukan 7-11 itu sesuatu banget! Percayalah ;)

6 comments:

  1. Eh, di indonesia ini 7 eleven ada gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada gan..tapi masih di area Jakarta...

      Delete
  2. Resiko jalan-jalan ke negeri yang penduduk mayoritasnya bukan Islam ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener gan..mendingan bawa lauk kering dari Indonesia, beli nasinya di sana...:)

      Delete
  3. bagi Muslim memang sangat membantu, dan sepengetahuan saya kalau di hat yai itu saya pernah mampir di terminal dan sempat mampir warung makan di sana, kebetulan disana ada ibu2 yg jualan dan memakai kerudung, langsung saja tanpa berfikir apapun saya beli, karena saya yakin ini halal.

    Salam Kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..kalau di Hat Yai masih gampang..kalau udah bertualang ke seantero wilayah Thailand lain, 7-11 adalah tumpuan harapan...:D

      Delete