among us

Wednesday 12 February 2014

Edisi Makanan di Thailand - Kamboja

Selain jalan-jalan tak tentu arah dan menjelajah tempat-tempat menarik di kedua negara, tetap wisata kuliner dijalankan. Walaupun pilihan terbatas karena nggak berani coba yang aneh-aneh, beberapa jenis makanan sempat dicoba dan dirasa di kedua negara ini. Mau tau apa aja? Ini dia....

1. Kaeng Som

Ceritanya, teman saya yang asli orang Thai di Bangkok ngajak saya buat makan di daerah Chao Praya Riverside di sekitaran pasar Pak Khlong (Thai : Pak Khlong Talat). Nah...saat ditawari mau makan apa, saya cuma bilang apa makanan khas dan unik yang ada di sini? (Dengan gaya sombong, padahal duit tinggal THB160...haha...) Maka, dia menawarkan untuk mencicip Kaeng Som ini.

Apa menariknya? kata si teman, ini mirip Tom Yam, bedanya Tom Yam itu biasanya untuk anak-anak dan turis doang (uugghh...menohok sekali ke jantung!), sedangkan orang Thai lebih suka Kaeng Som karena lebih "spicy" dan pedas. Buat saya pribadi nilai kepedasan Kaeng Som ini 8/10, cukup pedas bahkan untuk lidah orang yang terbiasa pedas. 

Kaeng Som, atau disebut juga Thai curry terdiri dari bumbu khas Thai, terutama cha om (Senegalia pennata). Untuk amannya, saya pesan yang Kaeng Som udang.

Kaeng Som udang

2.Fried Basil with Shrimp

Terjemahan mudahnya : Nasi + basil goreng dan udang. Apa itu basil? tanaman basil banyak dipakai di Thailand dan negara Indochina buat bumbu ataupun dimakan langsung. Daunnya mirip sama daun kemangi, tapi lebih banyak bulunya 9jangan pikir yang aneh-aneh...).

Di menu yang ini, teman saya merekomendasikan ini, soalnya basil jarang-jarang dimakan di luar Thailand dan orang Thai suka sekali dengan basil ini, bahkan dalam telur dadar lebih umum pakai basil dibanding seledri. Dengan ditambah udang yang besar dan telur mata sapi, dan pemandangan sungai Chao Praya, indah sekali makan di sini. 

Fried Basil with Shrimp


Berapa harga makanannya? Saya lupa, soalnya saya gak bayar...:D (jiwa gratisan....) yang bayar teman saya yang di Bangkok. Kalau gak salah sekitar THB 100 - THB 150 buat masing-masing.

Lanjut ke Kamboja, yang paling terkenal adalah Amok...

3. Amok

Ada beberapa jenis amok, di antaranya yang dikukus dalam daun pisang ataupun yang kayak kuah soto. Nah, saya pilih yang mirip kuah soto, kalau dibilang mirip dengan soto Medan. Lagi, demi amannya saya pilih Vegetarian Amok soalnya pilihannya hanya ada 4 : vegetarian, chicken, pork atau beef. Nggak ada pilihan ikan...:( Dengan harga USD 2, amok disajikan lengkap dengan nasi. Amok yang datang juga gak tanggung, sebesar mangkok ramen. Rasanya? saya kasih nilai 5/10 soalnya saya rasa bumbunya kurang terasa dan malah gak khas negara luar, malah rasanya mirip soto. Walaupun begitu, tetap saya rekomendasikan makanan ini buat dicoba, beda lidah beda selera...:)

Vegetarian Amok


Dari semuanya, saya suka yang Kaeng Som. Rasa bumbunya paling khas dan pedasnya menyegarkan karena ada asam-asamnya khas masakan Thailand. Nggak semua tempat jual ini, jadi silakan berburu makanan ini di tempat-tempat dekat pasar dan 'blusukan' di sana. Lebih direkomendasikan kalau punya teman orang Thai biar lebih mudah nyarinya...:)

No comments:

Post a Comment