among us

Friday 7 February 2014

Siem Reap di Malam Natal

Tepat pada malam Natal 2013 kemarin, saya sedang berada di Siem Reap, Kamboja. Apa yang saya perhatikan? Jelas saja bagaimana suasana di Siem Reap, apakah rame atau nggak. Dan ternyata...Suasana di sana rame! tapi hanya di kawasan turis di Old Market, Pub Street, dan Night Market. Sisanya, seperti kebanyakan tempat lain, sepi....

Menuju Pub Street

Kafe dan tempat makan di sekitar kawasan itu rame luar biasa, dari berbagai turis dari berbagai negara. Saya? Well...saya menikmati malam Natal dengan melakukan jalan-jalan di kawasan area tersebut, lalu pijat seharga USD 2 untuk setengah jam dan terakhir beli crepes USD 1. Oh ya...urusan suvenir juga ada di kawasan ini. Baju kaos mulai USD 2 dan tempelan magnet kulkas USD 2 untuk 3-4 biji. Yang lain? Secara jujur, saya gak nemu barang "Made in Cambodia" di mini market di Siem Reap, malahan produknya kebanyakan impor dari Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Btw, untuk pijat, kebanyakan terkonsentrasi di Night Market Area. Harganya bervariasi mulai termurah USD 1 sampai termahal USD 10. Pijat yang bener loh ini, bukan pijat yang plus-plus (walaupun saya gak tau juga apa ada atau nggak...mungkin ada kali ye..:p ). Dan semua tukang pijatnya adalah cewek-cewek yang masih muda, hehe....Karena saya cuma ambil yang USD 2, maka pijatnya cuma di sekitaran telapak kaki doang dan...penutupnya dengan pijat di paha. Saya aja hampir kaget soalnya si mbak pijat naik ke atas kursi dan memijat paha saya! Untung tidak terjadi apa-apa...(kalau kejadian....wah....)

Suvenir terkonsentrasi di area Old Market, yang semuanya buka sampai malam. Entah kenapa, rasanya kualitas tempelan kulkasnya kurang bagus, soalnya magnetnya lepas dari keramik nya saat saya pulang ke Indonesia. Tersedia juga orang jualan kaos, kartu pos, patung-patung dan lain-lain. Murah? Entahlah...untuk ukuran saya sih, harga segitu "cukup" murah. Tapi nggak tau deh buat orang Kamboja sendiri, soalnya waktu saya pulang saya tanya-tanya orang Kamboja soal kehidupan di sana dan gajinya paling tinggi untuk sarjana sekitar USD 170.

Sekitar Night Market


Nah, berhubung saya takut-takut mau makan, pulangnya saya coba makan crepes yang menurut saya mahal...:(. Crepes tawar dengan taburan gula USD 1, dan cuma itu yang saya berani beli. Si mbak penjual ternyata dari Chiang Mai, Thailand dan seperti biasa, saya selalu diliatin. "Diantara turis bule, kok bisa ada orang Kamboja yang beli ?" gitu kali dia mikir. Saya langsung aja tanya ada apa, dan pertanyaan umum keluar, "Where do you come from? " dan saya jawab Indonesia. Pokoknya, setiap ketemu orang di sana seolah semuanya pada heran liat saya. Apa orang Indonesia jarang ke sana?

Selebihnya, tidak ada perayaan berarti di luar kawasan itu. Guesthouse tempat saya aja biasa-biasa aja pas malam Natal, gak ada hingar bingar apapun. Jadi, sungguh kesempatan berharga melihat suasana Natal di kawasan itu, di tengah negara yang mayoritas beragama Buddha.

No comments:

Post a Comment