among us

Saturday 10 December 2011

Gerhana Bulan Total

Nah...akhir pekan lagi...di akhir pekan ni ada peristiwa astronomis yang bakal terjadi malamnya. InsyaAllah, kalok langit cerah kita bisa nengok gerhana bulan total (GBT) mulai jam 18.33 WIB sampek jam 00.30 WIB dan puncaknya jam 21.06 WIB sampek jam 21.57 WIB. Kalok klen gak percaya ato klen pengen tau lebih lanjut, klen bisa cek situs NASA atau Wikipedia ni. Jangan lupa, tu semua jamnya tambahkan 7 karena pakek Universal Time. Universal Time tu mirip GMT, kalok klen gak tau jugak GMT...hajab lah, tak tau lagi awak mau bilang apa.


Kalok klen yang muslim, disunnahkan shalat gerhana. Bilang ke masjid terdekat supaya buat shalat gerhana, karena shalat gerhana gak bisa sendirian. Kalok klen punya teleskop, bisa puas klen tengok gerhana tu. Lagipun, gerhananya ni pas posisi bulan belum di puncak langit alias zenith ( ha...banyak istilah astronomi yang awak pakek... ) jadi gak capek mendongak ke atas.


Kenapa awak kasi info ini? Karena tak lain awak senang sama hal yang berbau astronomis ( bukan astrologi ya... ). Ntah sudah berapa gerhana awak tengok, dan itu ada rasa keindahan dan kepuasan tersendiri. Samalah kalok yang gila bola nengok tim kesayangannya menang ato yang senang bunga nengok bunganya mekar. Kepuasan batin yang tak ternilai ( lagaknya... ).


Nah, kalok klen gak mau nengok pun gak apa-apa. Toh bulannya tetap gerhana jugak walopun klen gak nengok. Yang jelas, banyak-banyaklah ingat Tuhan, karena ini salah satu bukti kekuasanNya yang tak bisa manusia membuatnya. Beruntunglah kita tinggal di bumi yang bisa ada gerhananya. Belum tentu di planet lain ada gerhana sebagus dan seindah di bumi.


Selamat menyaksikan GBT dan banyak-banyak besyukur, ingat Tuhan yang sudah menciptakan gerhana yang indah untuk manusia.


Published with Blogger-droid v2.0.1

No comments:

Post a Comment