among us

Tuesday 13 December 2011

Ujian

Entah kenapa, dua hari ni awak lagi pengen bahas seputar sekolah. Mungkin karena masa sekolah adalah masa yang paling indah ( Kata Om Chrisye begitu... ) sekaligus masa paling men-sibukkan dan bikin keter sepanjang sejarah hidup manusia. Udah pun begitu, lama kali waktu yang diperlukan buat lulus. Dari TK ( Sorry, jaman awak kecil belum ada playgroup,PAUD apalagi kindergarten... ) sampek kuliah paling sikit menghabiskan waktu 15 taun! Bayangkan cobak! ( Ngapain dibayangkan, orang udah terjadi pun... )


Tentu, di dalam sekolah sering kita dapat yang namanya ujian. Istilah ini bikin murid, siswa dan mahasiswa ( urutannya : murid untuk anak SD, siswa untuk SMP & SMA, mahasiswa untuk kuliah... itu kata sepupu awak, ntah darimana orang tu simpulkan kayak gitu ) stress lagi #galau. Dari namanya aja udah ketauan orang tu mau di-UJI alias dicoba ( sinonimnya mudah-mudahan betul... ) dan secara naluri, mana ada manusia yang mau dicoba-coba ( buat anak aja gak boleh coba-coba... :-P ). Dan sifat manusia yang pengen selalu aman dan nyaman maka kalok ada sedikit gangguan pasti dia terusik.


Ujian,baik di sekolah maupun kehidupan nyata pastinya untuk mengetahui sejauh mana ketahanan manusia menyelesaikannya. Jika berhasil, hadiahnya tentu dia bakal naik kelas dan jadi lebih profesional. Masalah sebenarnya selalu ada di sekeliling kita, cuma kadang skalanya beda-beda. Tapi, ujian memang tetap harus ada supaya manusia tetap belajar otaknya.


Klen yang pelajar ( ni istilah umum buat 3 jenis anak sekolah tadi ) harusnya senang pas ujian. Mana ada orang yang dianggap mampu kalok belum diuji? Lagipula, memang tugas klen buat belajar. Mengenai UN, awak sebenarnya setuju itu tetap ada. Yang awak gak setuju adalah cara penilaiannya. Soal boleh aja dibuat di Jakarta, tapi yang menentukan tetap sekolah. Bukannya ibuk-bapak guru lebih tau muridnya? Biarlah UN jadi semacam alat ukur buat orang pusat tau, acem mana standar pendidikan se-Indonesia terhadap standar mereka.


Selamat ujian buat pelajar. Buat yang nggak pelajar tapi lagi dapat ujian, sabar dan syukur aja lah. Balikkan semua ujian ke yang ngasi ujian, Dia Maha Tau apa yang pantas buat kita.


Published with Blogger-droid v2.0.2

No comments:

Post a Comment