among us

Monday 12 December 2011

Sekolah Itu Racun!

Jangan tekejut begitu klen bacanya ya... awak buat judul begitu bukan awak yang bilang. Lagipula, bukan awak gak senang sama anak sekolah ( awak pun sekolahnya dulu, gak langsung besar macam sekarang...) tapi itu semua kata Bob Sadino. Tau klen siapa Bob Sadino? Ringkasnya, beliau tu sosok enterpreneur ( kalo bahasa Indonesianya wirausahawan...biar agak paham klen bahasa Inggris...:-P ) yang betul-betul merintis usahanya dari nol. Kalok klen mau tau selengkapnya, klen bisa beli buku beliau atau Googling aja.


Yang mau awak bahas ini berkenaan dengan judul tu. Judul tu adalah apa yang dibilang Om Bob ( padahal udah 80 taun...jadi harusnya atok aja dipanggil...) di twitter beliau semalam. Jadi intinya beliau kurang suka dan setuju sama sistem pendidikan saat ini yang megajarkan takut salah. Padahal, dari salah itulah kita bisa paham. Awak pernah baca suatu kata mutiara ( ngeriii... ) bahwa otak manusia didesain untuk belajar dari kesalahan. Jadi, manusia gak akan pernah belajar kalok gak pernah salah.


Nah, sistem pendidikan kita yang begitu yang tak disukai Om Bob. Selain itu sistem pendidikan hanya mengajarkan bagaimana menjadi pegawai yang baik. Atau dengan kata lain, kita tak pernah diajarkan untuk jatuh bangun berusaha. Hanya mengharapkan kenyamanan dari pengusaha, bukan menciptakan kenyamanan. Sendainya perusahaan tempat kerja bangkrut, siapa paling menderita? Pasti karyawan duluan.


Sekarang, mari kita renungkan kata Om Bob itu. Betulkah kita dididik kayak gitu? Ato kalok memang klen senang jadi pegawai, abaikan apa yang dibilang Om Bob. Tapi kalok klen memang pengen jadi pengusaha, adakah sekolah mengajarkan? (oopp...serius kali bah, pak penulis... )


Lebih baik salah dan memperbaikinya dibanding takut salah. Mirip kata iklan, kotor itu baik asal ada yang dipelajari. Jangan pulak cuma maen lumpur-lumpur abis tu demam. Itu carik penyakit namanya. Renungkanlah!


Published with Blogger-droid v2.0.1

No comments:

Post a Comment