among us

Tuesday 20 December 2011

Investasi : Bagian 3 - Akhir

Setelah tau apa itu investasi dan media investasi, di bagian terakhir ini awak kasi sedikit sharing soal investasi yang pernah awak jalani. Banyak jenis media investasi udah awak cobak, walaupun begitu masih banyak yang belum.


Awak pernah buat usaha kecil-kecilan. Yang pertama patungan dan yang kedua sendirian. Hasilnya? Dua-duanya gagal...hehe.... Yang pertama gagal karena gak ada keseriusan menjalankannya ( terbentur waktu kuliah... maklum lah... ) dan ketidakkompakan dalam tim. Yang kedua sempat berhasil, namun pada akhirnya gagal karena minim inovasi. Apakah keduanya bikin awak patah semangat bikin usaha baru? Justru dari situ banyak pelajaran. Sekarang pun awak punya ancang-ancang untuk buat bisnis baru. Tapi masih terkendala pemodalan ( alasan klasik... ) dan pengawasan. Do'akan semoga rencana awak terwujud ya....Aamiin.


Yang investasi non-riil, awak udah pernah coba reksadana, forex online, HYIP ( yang ini menurut awak bukan investasi... ) dan lupa lagi. Kalok klen mau terjun ke investasi ini, mesti belajar dulu soal seluk beluknya. Jangan gegabah dan ikut arus. Klen juga harus mencocokkan investasi yang cocok buat klen. Dari segi pengalaman, waktu, jam terbang bahkan minat, semuanya lebih bagus kalok investasinya sesuai nurani masing-masing.


Dari semuanya, awak lebih cenderung menyarankan investasi di bidang riil. Walaupun banyak tantangan, banyak pelajaran hidup yang didapat sekaligus uang yang dihasilkan bisa berlipat jika berhasil klen kelola. Walaupun begitu, keputusan tetap di tangan klen.


Investasi apapun bentuknya, walaupun kecil jauh lebih baik dari yang gak investasi apapun ( ya iyalah... ). Ingat, tabungan bukan investasi, tapi justru jadi biaya kalok saldo minim ( karena bunga gak impas sama potongan bulanan---> pengalaman pribadi, hehe... ). Selamat berinvestasi!


Published with Blogger-droid v2.0.2

No comments:

Post a Comment