among us

Thursday 29 December 2011

Semangat Baru : Bagian 1

Menjelang taun baru ni, awak pengen nulis soal semangat menuju ke taun yang baru. Mungkin ada yang udah siap-siap mau liburan ato malah cumak nyantai di rumah. Biasanya semangat buat sekolah ato kerja ilang mendekati liburan. Yang ada semangat mempersiapkan liburan sebaik-baik dan seoptimal mungkin.


Semangat bagi tiap orang bergantung apa yang menjadi motivasinya ( udah kayak motivator aja ni... ). Apakah motivasinya berhubungan keluarga ato orang yang dicintai, ato motivasi mencapai target-target dalam idupnya. Semangat ini pun bisa naik turun bergantung situasi emosional si pembuat target. Jadi, masalah semangat sebenarnya lebih dipengaruhi emosi yang bersangkutan.


Nah, karena dipengaruhi emosi maka jiwa-jiwa yang labil semangatnya pun ikut labil. Kalok musim panas gak ada angin, dia layu. Musim ujan banyak dingin, dia malas-malasan ( paragraf ni kayak ngejek ya... he...he... ). Bagi yang berjiwa optimis, pasti gak begitu. Pasti klen masih termasuk orang yang optimis khan?


Karena itu, kita paling tidak bisa menjaga konsistensi mood kita. Semangat yang muncul harus dijaga, walopun kadang naik turun. Ingat, aktivitas kita mesti punya tujuan. Jika kita sibuk tak tentu tanpa tujuan, itu menghabiskan waktu, biaya, tenaga dan pikiran. Memang, keputusan hasil di tangan Tuhan tapi kita jugak boleh membuat target supaya terpacu... ( Bersambung... )


Published with Blogger-droid v2.0.2

No comments:

Post a Comment