among us

Monday 5 December 2011

Ludo

Ludo, ular tangga, halma, kuaci, tazos, gambar,guli, layangan, pecah piring (apalagi yang belum tesebut?) semuanya pasti tau. Yang gak tau, pasti masa kecilnya suram ato masa kecilnya udah masuk abad teknologi. Memang, ada gap ( pake bahasa inggris sikit...) antara yang lahir sebelum orde reformasi sama yang lahi sesudah reformasi.

Jaman awak kecil, maenan awak masih yang tradisional. Maenan yang awak sebut di atas jadi terkenal. Ada lagi maen galah panjang, alep jongkok, alep berondok, bola babat yang jadi maenan. Dulu, maenan kayak gitu ada di seluruh penjuru Medan. Biasanya ada musim-musimnya, yang kalok dah musim awak kumpuli sampek habis duit jajan.

Maenan elektronik yang paling tinggi awak mainkan gemot (salah kaprah dari gamewatch) yang modelnya beli 10.000 dapat jam tangan, gemot sama jam meja kecil. PS, V-Com dan sebangsnya masih barang mewah. Jadi taulah klen kek mana jaman awak dulu.

Nah, ini yang jadi beda. Maenan di atas umumnya dimaenkan banyak orang dan mengutamakan motorik kasar (bahasa tingkat tinggi...). Jadi, selaen main sebenarnya jugak mengajarkan banyak hal. Toleransi, pertemanan, rasa sportivitas semua bisa didapat dari permainan tradisional dulu. Tubuh jugak jadi sehat karena banyak gerak (sampek kenak marah mamak karena kotor) dan aktif.

Kadang, awak sukak miris nengok anak sekarang terutama yang lahir pasca reformasi. Mainannya kadang tak sesuai sama umurnya. Lagunya pun begitu. Nggak macam jaman sekarang, dulu banyak penyanyi anak-anak yang terkenal dan liriknya cocok buat anak-anak. Jadi pikirannya berkembang sesuai umurnya.

Masa anak-anak memang indah. Apalagi memang masa main. Setau awak, mainan kayak di atas cumak ada di pinggiran kota ato di kampung-kampung. Memang, kemajuan jaman membuat anak lebih pintar. Tapi bukankah masa anak-anak adalah masa bermain? Tak adil jika anak-anak sudah dibebankan pelajaran yang tak lebih dari ketakutan orang tua terhadap masa depan anaknya ( wow, agak berat ni...). Jadi, ada baiknya anak-anak dibiarkan bermain sembari belajar. Apalagi mainan tradisional dulu lebih menekankan sifat-sifat yang baik di masa depan. Maunya, mainan tradisional dulu diramekan lagi. Ntah dibuat acara " Minggu Permainan Tradisional", ato acara lain, jadi anak-anak tetap kenal permainan tradisional. Setuju?

No comments:

Post a Comment