among us

Wednesday 14 December 2011

Sinergi

Kalok ditanya, bagian tubuh mana yang kalok gak ada bisa buat kita langsung mati? Bisa jadi jawabannya otak, jantung, paru-paru, darah dan lain-lain. Kata dokter ( ni kata dokter ya... bukan kata awak... ) seorang dianggap mati kalok batang otaknya sudah tak berfungsi ( awak agak rancu memahaminya dengan sumsum tulang belakang... kalok ada yang dokter, mohon dibetulkan... ). Artinya kalokpun jantungnya udah sayup detaknya, paru-parunya tinggal seperempat ato darahnya tinggal 2 liter ( mungkin gak ya? ) asal batang otaknya befungsi, masih iduplah dia.


Nah, semua organ tadi sebenarnya saling menunjang ( bukan menunjang pakek kaki ) satu sama lain. Jantung, otak, paru-paru dan lainnya saling kerja sama supaya kita, makhluk yang bernama manusia ini, bisa tetap eksis di dunia. Bayangkan kalok ada yang iri dengki, jantung iri sama otak karena otak cuma mikir, jantung capek mompa. Terus, eskete jantung sama otak, gak mau dia ngirim darah ke otak. Alamat manusianya langsung bejumpa sama Malaikat Maut. Tapi itu tak pernah terjadi dan mereka masih bekawan sampek sekarang.


Begitupun di hidup antar manusia, tak ada yang lebih baik dari yang lain. Cuma Tuhan yang punya hak membilangkan kalok manusia si A lebih baik dari si B. Itupun karena amal, bukan karena ganteng, tinggi, rupawan ( yang merasa gak, maaplah ya... ) dan sebagainya. Antar manusia harus saling menolong ( kayak belajar PPKN ya... ). Tak ada manusia yang bisa hidup sendiri, sedikit banyak pasti pernah dibantu orang lain.


Terkadang, kita sukak anggap remeh sama orang yang menurut kita kastanya rendah. Sukak kita menjelekkan orang, padahal bisa jadi suatu saat kita perlu bantuan dia. Cobaklah, kita lebih rendah hati sama orang. Marahlah kalok memang harus marah tapi tanpa emosi meluap kayak masak aer udah mendidih gak dimatikan kompornya. Kita semua saling memerlukan. Jangan juga kita memanfaatkan orang lain.


Jadilah kita semua orang yang santun. Supaya orang mau bantu kita saat susah. Memangnya kalok pas susah, apakah bukan tetangga, yang menurut kita orang lain, yang kita mintak tolong dulu? Sinergi saling melengkapi, saling mengisi. Bukan saling membenci apalagi iri hati.


Published with Blogger-droid v2.0.2

1 comment:

  1. nice post, gan. di bekasi dan jakarta pun hujan terus tiap sore.....

    ReplyDelete