among us

Saturday 17 December 2011

Investasi : Bagian 1

Tulisan awak kali ini agak-agak berat mungkin. Judulnya awak ambil karena pas ada berita kalok Indonesia peringkat utangnya membaik. Arrinya bukan utang Indonesia betambah, tapi artinya Indonesia dianggap lebih mampu sekarang untuk berutang dan membayar utangnya. Ini sejalan sama widget awak di samping kanan ni yang berbau ekonomi. Nah, kalok kalian belum ngerti, cariklah di google kata kunci 'peringkat utang Indonesia'. Nanti banyaklah keluar itu.


Investasi, menurut awak ( gak pakek daftar pustaka, soalnya awak belum punya buku...:-( ) adalah kegiatan menanamkan suatu modal pada suatu bidang usaha tertentu dengan mngharapkan profit ( agak-agak ngeri ya bahasanya... ). Modalnya bisa (terutama) duit, waktu, barang penolong, alat produksi dsb. Di sini orang yang menanamkan modal tadi namanya investor. Sampek sini ada yang belum paham? ( kalok belum, tanyak guru ekonomi masing-masing lebih lanjut ).


Berikutnya, seorang investor akan menanamkan modalnya pada pihak lain. Tentu megharapkan keuntungab jadi prioritas ( Ya iyalah... ). Tapi ingat, sebenar-benar investor bukan melulu bicara profit melainkan aset. Kalok ada investor yang lebih sibuk bicara untung dibanding aset, itu tampangnya aja investor tapi mentalnya bukan. Kenapa begitu? Karena kekayaan investor diukur dari banyaknya hartanya ( aset ).


Investasi pada dasarnya dilandasi harapan akan terus berkembngnya suatu usaha. Antara investasi dan aset jelas berbeda namun punya kaitan. Investasi dilakukan untuk menambah aset dan aset yang berjalan nantinya bakal diinvestasikan lagi. Darimana? Profit yang didapat dari aset yang berjalan tentunya bisa diinvestasikan lagi. Investor sendiri boleh satu orang ato banyak orang ( yang kalok di perusahaan dibagi atas banyaknya saham ) yang berpartisipasi dalam suatu kegiatan bisnis. Ingat, makin banyak orangnya makin besar beda pendapat yang bisa mengganggu usaha ( ada yang mau A, ada yang mau B, terakhir bisa-bisa tak maju... ).


Nah, ini dulu yang awak bahas soal investasi. Bagian 2 nanti mungkin awak bahas soal instrumen investasinya alias apa-apa aja yang bisa kita jadikan tempat investasi. Pahamkanlah dulu yang sedikit ni. Banyak-banyakpun nanti pening pulak bacanya. Selamat menikmati akhir pekan, kawan-kawan!


Published with Blogger-droid v2.0.2

No comments:

Post a Comment